search

30 July 2008

Fortuner Diesel, SUV Segala Medan

Banjir hilang, lubang kini membentang. Sengsara betul nasib yang dialami masyarakat yang tinggal di ibukota sekarang ini. Tidak hanya di saat banjir, bahkan setelah genangan surut bencana lain ganti mengintai. 

Sebut saja, masalah yang timbul yakni permukaan aspal jalan yang terkikis banjir sehingga menciptakan lubang-lubang yang menganga di sebagian besar ruas jalan ibukota. Kondisi ini menjadi problem bagi sebagian besar pengguna jalan karena ketidaknyamanan yang tercipta. 

Tapi situasi tersebut tidak akan dirasakan oleh pengendara Fortuner, yang memiliki dimensi fisik panjang 2.695 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.850 mm. Sedangkan jarak terendah ke tanah sekira 220 mm, mampu melibas banjir serta aman ketika menjelajah jalan berlubang dalam. 

Banjir memang tidak pandang bulu. Warga Jakarta pasti sudah sangat akrab dengan keruhnya rendaman banjir. Bahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun, terpaksa harus berkompromi dengan banjir. Awal Februari silam, Wapres harus merelakan mobil dinas kenegaraan yang setia mengantarkannya dalam bertugas. Kalau tetap ngotot memakai sedan berpelat nomor RI-2, bisa dipastikan bakal mogok di tengah genangan banjir.

Toyota Fortuner milik anaknya pun menjadi pilihan supaya Wapres masih bisa beraktivitas tanpa terhambat genangan banjir. Jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini memang cocok menerobos segala macam medan, bahkan di jalan rusak sekali pun. 


Dengan bodi bongsor serta desain suspensi depan double wishbone berpegas koil dan stabiliser, serta suspensi belakang 4 link dengan lateral rod dan pegas koil, memberi jaminan kenyamanan saat berkendara. Fortuner tetap enak dikendarai baik saat menerabas medan off-road maupun on-road. 

Apalagi hanya jalan berlubang sedalam 5-10 cm, adalah perkara sepele buat si bongsor nan tangguh. Kekuatan bodi Fortuner juga didukung aplikasi chassis ladder frame yang terbukti tangguh menghadapi medan berat. 

SUV jebolan pabrikan Toyota itu pun makin greng dengan keluarnya mesin diesel commonrail berkapasitas 2.5 Liter (2.494 cc). Dilengkapi empat silinder segaris, mesin diesel ini tergolong cukup besar. Teknologi commonrail pada pasokan bahan bakar yang disokong perangkat turbo mampu memberikan sensasi tersendiri saat berkendara. 

Kegarangan Fortuner bisa diuji di segala medan jalan. INILAH.COM, belum lama ini bahkan pernah menjajal Fortuner selama satu bulan. Segala macam medan pun dicoba. Bahkan di medan berupa tanjakan berbatu, Fortuner tetap nyaman dipakai. Apalagi kalau hanya melahap lubang-lubang yang muncul akibat banjir. Kesan suara mesin diesel yang berisik agaknya juga tidak terbukti di Fortuner Diesel. Begitu berada di dalam kabin hanya keheningan yang terdengar. 

Lantas, bagaimana medan bebas hambatan beraspal mulus? Untuk mencapai rpm160 km/jam bukan perkara sulit. Pada posisi kecepatan tersebut, performa Fortuner tetap dapat melesat stabil. 


Selama ini, banyak anggapan yang menyatakan bahwa mobil bermesin diesel kurang responsif saat melibas tanjakan. Selain itu, suara mesinnya kasar dan boros bahan bakar. Faktanya, ketika melewati sejumlah tanjakan, Fortuner bermesin diesel lumayan responsif dan bertenaga. 

Banyak keuntungan yang bisa diraih pemilik Fortuner. Harga bahan bakar yang murah serta irit di kelas SUV adalah salah satunya. Perbandingan pemakaian bahan bakar mesin diesel ini pun lumayan irit di kelasnya. 

Untuk perjalanan ke luar kota, Fortuner Diesel mampu menempuh jarak 12 kilometer per liter solar. Sedangkan untuk kondisi kemacetan di dalam kota Jakarta, mobil ini dapat menempuh 8 hingga 9 km per liter. 

Apabila jarak rata-rata antara rumah dengan kantor, pergi pulang sejauh 100 km, dengan konsumsi bahan bakar 8 kpl berarti hanya memerlukan 12,5 liter solar. Jika dikalikan Rp 4.300 harga solar per liter, artinya anda hanya perlu merogoh kocek Rp 53.750 setiap hari untuk keperluan bahan bakar si bongsor yang gagah. Per bulan, kalau setiap hari Anda melakukan perjalanan sejauh 100 km, biaya yang dikeluarkan rata-rata sekitar Rp1.600.000. 

Kabin yang lapang dengan kapasitas penumpang 7 – 8 orang sangat sesuai dengan karakter mereka yang memiliki anggota keluarga banyak. Bentuk eksterior dan interior Toyota Fortuner tidak melupakan desain mewah dan maskulin. 

Sehingga, kendaraan ini sangat layak dengan kalangan urban di perkotaan yang bisa menjanjikan kenyamanan dan keamanan berkendara bagi penumpangnya. Kesan sporty yang ditampilkannya juga memberi pencitraan gaya hidup petualang bagi si pemiliknya.

Dengan berbagai alasan itulah, selama satu bulan INILAH.COM menggunakan Fortuner Diesel sebagai kendaraan sehari-hari. Mulai dari rumah, menuju ke kantor, bertemu dengan nara sumber, ke mal, bahkan ke luar kota. Layaknya, seperti kendaraan pribadi. 

sumber : inilah.com

No comments: